LOMBA PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) KELURAHAN KLEGEN KECAMATAN KARTOHARJO KOTA MADIUN

MADIUN – Today, Meski pandemic Virus Corona masih belum selesai, tetapi pemerintahan mulai menerapkan adaptasi kebiasaan baru  (AKB). Salah satunya yaitu Melaksanakan Giat Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan. Jumat 26 Agustus 2021 Kelurahan Klegen telah suskses melaksanakan Lomba Pekarangan Pangan Lestari di Jl. Wiyata Jaya No 22 RT 026 RW 004 yang di Pimpin oleh Ibu Hj. SUGIHHARTI. Kegiatan P2L Gemah Ripah Loh Jinawi Kelurahan Klegen  ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun. Tujuan dilaksanakan Lomba P2L yaitu untuk meningkatkan pemanfaatan tanah pekarangan di lahan sempit sekitar wilayah Kelurahan Klegen guna pemenuhan kebutuhan sumber gizi keluarga secara swadaya. Dalam Lomba P2L ini di hadiri oleh Juri Dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Sekertaris PKK Kecamatan Kartoharjo, Kasi Pembedayaan Kecamatan Kartoharjo, 3 Pilar Kelurahan Klegen, Ketua PKK Kelurahan Klegen, Pokja 3 Kelurahan Klegen, Perangkat Kelurahan Klegen dan Anggota P2L Gemah Ripah Loh Jinawi Kelurahan Klegen 

Berbagai macam tanaman yang sudah tumbuh subur di P2L Gemah Ripah Loh Jinawi Kelurahan Klegen contohnya saat ini yang sedang di Tanam Jenis Sayuran Yaitu : Sawi Pokcoy, Terong, Lombok, Tomat, Kangkung, Bayem Brazil dan bebagai jenis rempah” : Jahe Merah, Sereh, Jeruk Purit, Tanaman Ongkong dan Daun Gucai. dari hasil Panen Tumbuhan P2L Gemah Ripah Loh Jinawi Kelurahan Klegen dibagikan untuk warga yang isoman, untuk lansia yang membutuhkan gizi di usia rentanya dan jika masih sisa di bagikan kewarga sekitar atau keanggota. Ada juga tanaman obat yang di tanam di P2L Gemah Ripah Loh Jinawi Kelurahan Klegen berupa Bunga Telang. Bunga telang adalah Tanaman merambat yang biasanya banyak ditemukan di kebun, yang bisa tumbuh hingga sekitar 2,5 meter terdapat bunga yang terdiri atas 3 warna yaitu biru, putih dan ungu bisa digunakan untuk obat ,lalu bagaimana Cara pembuatan obat Bunga Telang : yang pertama di jemur biar mengering setelah mengering taruh bunga teleng di cangkir gelas tuang dengan air panas seperti cara membuat Teh.  Air rendaman Bunga Teleng ini  berwarna sperti biru keunguan.

Manfaat dari Air Bunga Telang yaitu: Memelihara fungsi dan kesehatan otak karena Bunga telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf, Mencegah dan meringankan reaksi alergi Hal ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamin, yaitu zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar pencetus alergi (alergen).

Leave a Reply

Your email address will not be published.