Libatkan Pemuda Dalam Pengembangan KIM Klegen

Madiun –  “Kegiatan hari ini sangatlah baik, karena dapat membuka wawasan dan akses untuk masyarakat agar melek  IT”, ungkap Hari perwakilan dari KIM Klegen yang ditemui hadir bersama timnya saat mengikuti babak penyisihan LCCK tingkat Kota Madiun Selasa (20/3) lalu. “Berbagai persiapan pun sudah dilaksanakan”, lanjutnya menjelaskan.

Acara yang digelar oleh Dinas Kominfo Kota Madiun bertujuan untuk mengaktifkan KIM Kota Madiun agar siap tampil di acara babak penyisihan tingkat Provinsi Jawa Timur yang nantinya akan mewakili Kota Madiun di ajang tingkat Provinsi.

“Setelah persiapan sudah lalui, hanya tinggal mengikuti alur dan konsep yang telah dibuat oleh Diskominfo dan untuk hasilnya nanti bisa tampak diakhir”, tutur Hari.

Lebih lanjut, Hari menjelaskan keunggulan yang ada pada Kelurahan Klegen bisa disalurkan lewat KIM sebagai agen informasi. Seperti banyaknya tempat yang dapat di kembangkan serta pelatihan-pelatihan pada masyarakat yang telah dilakukan. Meliputi pelatihan pembuatan kue kering dan pembuatan batik.

“Proses pemasaran dapat dilakukan saat adanya event atau lomba-lomba yang diadakan pemerintah atau dinas. Jadi kami bisa menampilkan hasil yang telah warga buat”, jelasnya.

Hingga saat ini,  kegiatan tersebut sudah berjalan lancar. Hal ini dikarenakan dari pihak kelurahan dan KIM sudah berhasil memiliki kerjasama dengan beberapa lembaga seperti PNPM dan KOTAKU.

“Karena kesibukan warga, jadi kami masih belum bisa mendapatkan dan merangkul banyak angggota. Jadi kami hanya bisa bersosialisasi lewat arisan RT atau kegiatan kelurahan”, pungkasnya menjelaskan terkait adanya kelemahan KIM Klegen.

Diharapkan peran serta pemuda dalam KIM yang dapat membantu KIM Klegen dalam pengembangan potensi yang ada di Kelurahan Klegen.

“Kami berusaha memberikan pengayoman dan mengerti kemauan pemuda di kelgen. Karena menurut saya, pemuda adalah tiang atau tonggaknya negara kita”, ujarnya diakhir wawancara.